Ini Bedanya Sepatu Kulit Asli Dengan Sintetis


Awalnya sepatu yang dibuat dari kulit asli dengan sintetis mudah dibedakan karena saat itu masih dibuat dengan teknologi yang belum canggih. Tetapi ketika teknologi berkembang semakin pesat, kulit sintetis memiliki penampilan yang nyaris sama dengan kulit yang asli.

Kulit sintetis merupalan produk alternatif pengganti kulit asli, karena dibuat secara massal harganya pun menjadi lebih murah dibandingkan dengan kulit asli. Meskipun demikian tak berarti kualitas kulit sintetis ini berbeda jauh dengan aslinya, teknologi yang terus berkembang juga secara terus menerus melakukan penyempuraan pada industri kulit sintetis.

Perbedaan harga antara kulit asli dengan kulit sintetis ini biasanya menjadi celah yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan, khususnya terhadap konsumen produk kulit terutama sepatu yang masih kurang tahu perbedaan tersebut. Jadi, ada manfaatnya untuk mengetahui apa ciri-ciri yang membedakan kulit asli dengan kulit sintetis. Inilah beberapa ciri yang harus diperhatikan :

01. Jika diraba, kulit asli akan terasa kasar, karena masih terdapat bekas pori-pori tempat tumbuhnya bulu. Tetapi jika permukaan kulit terasa halus dan licin, maka patut dicurigai sebagai kulit sintetis.

02. Untuk lebih meyakinkan perbedaan tersebut tersebut cermati seluruh permukaan kulit. Jika memiliki tekstur atau pola yang tidak beraturan, maka ini menjadi salah satu ciri alami dari kulit asli. Sebaliknya jika seluruh permukaan memiliki tekstur atau pola yang sama persis dan berulang-ulang, maka kulit tersebut adalah kulit sintetis buatan pabrik.

03. Langkah ketiga yang sama akuratnya adalah mencium aroma kulit tersebut. Kulit asli memiliki aroma yang khas, sedangkan kulit sintetis cenderung berbau seperti karet atau plastik. Karena itu jika jika keduanya dibakar, maka kulit sintetis yang mengandung campuran bahan plastik akan lebih cepat terbakar dan meleleh.

Hingga saat ini harga kulit asli masih lebih mahal dibandingkan dengan kulit sintetis, tetapi tidak bisa dibandingkan misalnya sepatu kulit sintetis hasil desainer rumah mode terkenal dengan sepatu kulit asli buatan lokal, tentu akan jauh lebih mahal sepatu bahan kulit sintetis.


Februari 08, 2018 |