Memilih Model Sepatu Hak Tinggi yang Aman Untuk Anak Perempuan



Model sepatu hak tinggi untuk anak memiliki batasan tersendiri yang didesain dengan tidak mengabaikan aspek kesehatan tetapi tetap mengedepankan aspek fashion, karena pada dasarnya kodrat manusia ingin tampil cantik dan menarik. Selain itu anak-anak berbeda dengan wanita dewasa yang  memiliki motivasi kuat untuk tampil cantik dan seksi, sampai rela bersakit-sakit untuk memakai stiletto high heels.

Motivasi anak memakai sepatu hak tinggi biasanya justru menuruti kehendak orang tuanya yang menginginkan tampil sama stylish dan modisnya seperti sang ibu. Jika kaki anak merasa sakit atau sedikit saja merasa tak nyaman, bahkan jika sepatu yang dipakainya dirasa mengganggu aktivitasnya bermain, maka secara naluriah anak akan segera melepaskan sepatu yang dipakai.

Kemungkinan itu juga sudah diperhitungkan dengan cermat oleh produsen, karena itu sepatu anak-anak yang mereka kategorikan sebagai sepatu hak tinggi sama sekali berbeda dengan sepatu hak tinggi untuk wanita dewasa. Mereka tidak akan memproduksi sepatu hak tinggi untuk anak dengan model stiletto, atau sepatu dengan style pointed toe karena pasti tak akan disukai anak-anak.

Dalam perkembangan dunia fashion di abad 21 kehadiran sepatu hak tinggi untuk anak bukan produk yang tabu atau aneh. Sama halnya dengan anak memakai sepatu hak tinggi juga bukan sesuatu yang luar biasa. Reaksi negatif yang terlalu ekstrim biasanya datang dari mereka yang justru tidak memahami dunia fashion, bahkan batasan maksimal tinggi hak untuk sepatu flat pun sama sekali tidak tahu.

Sebutan sepatu hak tinggi untuk anak umumnya ditujukan untuk sepatu dengan ukuran hak yang bagi orang dewasa terhitung hak datar, yakni sekitar 3 Cm. Seperti diketahui, dalam dunia sepatu fashion batasan hak untuk sepatu flat adalah di bawah 3,5 Cm. Sepatu dengan hak diatas ukuran tersebut sudah masuk dalam kategori hak tinggi atau high heels.

Sepatu hak tinggi untuk anak dengan ukuran sekitar 3 Cm tidak membentuk perbedaan yang terlalu curam antara tumit dengan ujung jari kaki, apalagi jika sol bagian depan memiliki ketinggian sekitar 1 Cm. Umumnya sepatu anak-anak berusia 6 sampai 10 tahun dengan model apa pun memiliki hak dengan tinggi antara 1 sampai 2 Cm.

Sedangkan pilihan model yang paling aman adalah Mary Jane. Model sepatu yang populer di AS pada awal tahun 1900-an ini sebenarnya sudah banyak dipakai oleh kalangan keluarga kerajaan dan para bangsawan di Eropah pada abad sebelumnya. Di puncak popularitasnya, banyak sekolah di Eropa maupun di AS yang menjadikan model Mary Jane sebagai sepatu resmi untuk para siswa.

Struktur Mary Jane dalam penampilan klasiknya berupa sepatu hak datar atau flat, bagian depan diaplikasi dengan round toe atau berbentuk bulat dan tertutup. Sebenarnya dengan bentuk demikian sudah bisa menjadi sepatu flat, disebut model Mary Jane karena di bagian tengah ditambahkan strap berbentuk pipih dengan posisi tepat pada punggung kaki. Strap tersebut diikatkan dengan cara mengaitkannya menggunakan gesper yang bisa diatur sesuai masing-masing ukuran kaki pengguna.

Diadopsi menjadi sepatu hak tinggi untuk anak, pada model ini hanya perlu ditambahkan hak paling tinggi 3 Cm dan tentu saja, bentuk aslinya pun mendapat sentuhan-sentuhan kreatif kekinian. Penampilan Mary Jane masa kini menjadi lebih cantik dan stylish tetapi masih tetap mempertahankan faktor keamanan dan kenyamanannya yang telah diakui lebih dari 100 tahun yang lalu.


Jameson Melia
Sepatu Hak Tinggi
Januari 22, 2018 |