Tips Memilih Sepatu Kerja yang Stylish


Tips ini merupakan cara sederhana dalam memilih sepatu kerja untuk wanita yang pada umumnya ingin tetap tampil menarik dan feminin sebagai karyawan kantor. Bukan dalam pengertian “sepatu kerja” untuk profesi atau perusahaan tertentu yang telah ditentukan dengan standar khusus, hal ini memang lebih memudahkan wanita untuk membeli sepatu meskipun di sisi lain tidak memiliki kesempatan memilih sepatu yang lebih modis.

Dalam memilih sepatu kerja yang pada dasarnya pilihan itu berkisar diantara model-model sepatu yang serba terbatas. Misalnya, Anda tidak mungkin bekerja di kantor dengan menggunakan high heels atau boots. Kecuali jika Anda memakainya untuk berangkat dari rumah tetapi di depan pintu kantor menggantinya dengan sepatu kerja. Lagipula, tujuan Anda ke kantor adalah untuk bekerja, bukan fashion show.

Model sepatu kerja untuk wanita yang mengesankan bersifat resmi, tetapi mampu memberikan efek elegant dan sekaligus memberikan kenyamanan untuk penggunanya adalah model Kitten atau Puppy. Dalam keluarga sepatu jenis high heels, kedua model tersebut memiliki ukuran tumit paling rendah sampai sedang, ketinggian ini cukup memberikan jaminan keamanan kepada penggunanya.

Dengan menggunakan model sepatu tersebut, sepulang kerja dari kantor Anda bisa singgah ke mall dengan tetap tampil modis. Kedua model ini juga memiliki disain yang beragam pada heelsnya, warna dan bahannya. Baik Kitten atau Puppy bisa tampil dengan disain klassik yang anggun sampai yang paling norak. Tampilan mereka akan menjadi lebih bervariasi jika ditambah dengan sentuhan Ankle Strap, Sling Back, Mary Jane, T-Bar dan lain-lain.

Jika Anda memilih model Kitten yang pada bagian ujungnya memiliki bentuk runcing seperti model Stiletto, maka bentuk ujung jari-jari kaki Anda juga harus cenderung runcing agar sesuai dengan bentuk ujung sepatu. Jika kurang sesuai, maka Anda harus memesannya secara khusus agar bagian depan dapat disesuaikan dengan bentuk kaki, sehingga Anda bisa tampil dengan nyaman sepanjang hari.

Sebaliknya jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup lama untuk menunggu pesanan Kitten tersebut sampai jadi, maka pilihlah model Puppy. Model ini memang terkesan agak macho, tetapi justru bisa memberikan kesan tegas kepada pemakainya. Sebagai sepatu kerja, Puppy bisa lebih menjamin keamanan untuk karyawati yang memiliki aktivitas fisik lebih banyak. Top heelsnya yang cukup luas akan lebih banyak membantu menciptakan keseimbangan.

Sepatu ini akan memberikan efek optimal untuk wanita yang ingin berpenampilan konservatif, tegas dan keras jika dipadukan dengan bawahan panjang yang ketat dan berwarna gelap. Untuk rok dengan panjang di bawah lutut dan berwarna terang, lebih disarankan memakai Puppy warna terang dan lembut, misalnya beige atau putih gading. Sepatu model Kitten dan Puppy banyak dijual dalam berbagai style dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai murah sesuai kualitasnya.

Pertimbangan selanjutnya adalah pemilihan bahan. Akan lebih baik jika Anda memilih Kitten atau Puppy yang terbuat dari bahan kulit asli atau suede. Alasannya, Anda akan mengenakan sepatu untuk ke kantor dan memakainya selama jam kerja, sehingga bahan sepatu yang Anda pilih harus bisa menyerap keringat, terutama ada bagian Insole. Yaitu bagian bawah sepatu, yang berada tepat di bawah telapak kaki. Insole biasanya terbuat dari papan kertas selulosa, atau papan sintetis non-woven yang bersifat dapat menyerap keringat kaki.

Mengenai warna sepatu, sebaiknya pilih warna polos kegelapan. Kesan konservatif justru akan mengundang respek untuk digunakan di lingkungan kantor, apalagi kantor pemerintah. Jika kebetulan gaun bawah Anda adalah seragam kantor berwarna terang dan Anda ingin menciptakan kesan cool, maka pilihlah warna-warna pastel yang lembut, tidak mengkilap dan tidak banyak assesori.

Pada prinsipnya ketiga faktor tersebut merupakan dasar pertimbangan yang bersifat umum untuk memilih sepatu kerja wanita. Untuk pilihan yang lebih individual akan tergantung kepada fleksibilitas lingkungan perusahan masing-masing. Para fashionita bisa memilih dan mempertimbangkan pilihan sepatunya sendiri untuk mendukung agar tetap bisa berpenampilan elegant dan cantik meskipun di tengah-tengah kesibukan pekerjaan, bahkan ketika sedang berada dibawah tekanan akibat beratnya tugas-tugas kantor yang harus diselesaikan.


Wini Suwarni
tips-sepatu-wanita.com